Rabu, 28 Desember 2011

tafsir/hadist

luqman (31):12-19
tokoh utama :luqman n anaknya,peristiwa dialog ayah n anak.isi: keimanan kpd anak,proses pendidikan keluarga,karakteristik manusia-pembangkang.
Luqman adalh seorang biasa yang hidup pd zaman nabi daud as yang bernama lengkap luqman bin baluro (nabi ayub) dawuud yang diberi hikmah oleh allah swt shg disebut luqman hakim.anak2nya bernama an’am/tsanan/asykan.
Alhakim: alngadl/keadilan,alngilm/ilmu,cerdas,professional,kebijaksanaan. Didalam alquran alhakim disebut sebanyak 20x.
Al marowi menyatakan hikmah adl ilmu yg bermanfaat n menentramkan jiwa serta mendorong padanya untuk mengamalkan dlm rangka mencapai kebahagiaan didunia dan akhirat
Muh.abduh hikmah adl memahmkan rahasia n faidah setiap sesuatu
Rosyid ridhio(murid abduh) hikmah adl ilmu yang sohih yang menggerakkan kemauan untuk mengamalkan sesuatu yang bermanfaat.
Dlm alquran alhakim dibagi 4 pngertian yaiitu:
-nasihat2 alqur’an(annisa’133 al imron 164)
Pemahaman n ilmu (maryam 12 al an ‘am 89 luqman 12)
Kenabian (albaqoroh251)
Alqur’an yang ada d dlmny terkandung n rahasia.(an nahl 125)

Syarat menjadi pendidik yg baik n berhasil
a. Shiddiq:jujur.thd diri sendiri:dlm bentuk dia tdk mau menggadaikan hidupnya untk berbuat sesuatu yg berlawanan dgn keyakinannya; thd orla:berbuat n berkata yg sama serta bermanfaat untuk orla; thd allah swt termotivasi hanya untuk ibdah
b. Istiqomah.dibagi 3 tahap : a.taqwin-meneggakkan atau mebentuk sesutau untuk berdisiplin hidupnya;b. iqomah-menyempurnakan proses; c. istiqomah-akan memp.kreativitas n berdedikasi tinggi serta menjadi teladan untuk anak didiknya
c. Fathonah.kecerdasan:intelektual,emosional n spiritual
d. Amanah,dapat dipercaya.bisa dihormati n menghormati serta dpt memberikan rasa nyaman pd orang lain n anak didik
e. Tabligh:menyampaikan. Mempunyai 4 skills:kemampuan berkomunikasi dgn anak didik, kemampuan menjadi leadership guru hrs mampu memimpin kelas,kemampuan pengembangan n peningkatan sdm, kemampuan diri untuk emngelola sesuatu
Syukur: berkembang tumbuh,bergerak.hikmah adl caranya n syukur adl 7annya
Binatang betina yg tumbuh susunya ( ), tumbuh tunas ( ), bertiup kencang ( ),rambut yang baru tumbuh ( ) orang yang berlari kenang ( ), orang yang menggerakkan giginya ( )dll
Konsep syukur dlm pendidikan adl menumbuh kembangkan potensi yang dimilliki untuk ketaatan kp allah.
Kesimpulan dr luqman: modelnya hikmah prosesnya pendidikan tujuan akhirnya untuk bersyukur
Al-alaq
Qoroa: membaca menelaah,menyampaikan,mengenal ciri2,meneliti,mendalami.
Menghimpun sesuatu didalam dirinya,didalam benak dan pikiran.
Menurut quraisy syihab jika da fiil yang membutuhkan obyek. Allah tidak menunjukkan obyek pada qoro’a maksudnya membaca: a.)tertulis (qouliyah/alquran) n tidak tertulis (kauniyah) b.)umum/peristiwa khusus.ex:peristiwa gejala alam,manusia,dirisendiri
Bismirobbika:munabasah-pernyataan-membaca atas nama allah.
Robbun(tarbiyyah):pengembangan,ketinggian,kelebihan,peningkatan,perbaikan.
Al-insan dr kata:
Dinamika dan potensi sifat manusia: a.)unsu:lemahl embut, harmonis; b.)nisyun:l upa; c.)nausun: gerak dinamis

“ikatlah ilmu dengan tulisan”
Kes:
a. Nabi Muhammad dari 46,5-74 thn mulai menyendiri. Dalam mencari ilmu perlu waktu lama, perlu penucian jiwa agar ilmu masuk





Saya mengeluh kepada waqi’ tentang sulitnya menghafal maka beliau menunjukkan kpd saya untk meninggalkan kemaksiatan n beliau memberithu kpdq sesungguhnya ilmu itu cahaya dan cahaya alllah tidak akan diberikan kpd orang yang senang berbuat maksiat.
b. Jibril sebagai guru mampu mencairkan suasana den menyadarkan nabi degnan 3x peringatan(menyuruh membaca jdi guru harus membuat media komunikasi lebih dahulu
Al-qolam




Guru itu ada 2 dimensi: 1.)ilmu;b.akhlak “ilmu itu harus dibingkai dengan akhlak”
Hub dgn dunia pendidikan
a. Setiap cln pnddk penyampai kebenaran,pastilah da orang2 disekitarnya yang kontroversi dgnya.mka seorang guru harus mempersiapkan mental krn nantinya akan menghadapi berbagai kritik,caci maki baik dr murid,sesame guru/lingkunagna
b. Bgi seorang guru menulis/berkarya ilmiah merup sebuah tuntutan dalam rangka peningkatan kualitas keilmuan.
c. Bg seorang guru hrs mempunyai akhlak yg mulia krn guru sbg panutan,guru sbgai cermin anak didiknya n ilmu yang disampaikan akan lebih mengena dan terkenang bila disampaikan dengan bingkaina akhlak yang mulia.
Hub almuddatstsir dgn pendidikan:
a. Allah memebrikan cntoh kepada calon pendidik agar menyeru kepada anak didik dengan ungkapan yang menyiratkan cinta kasih.
tidak sempurna seorang diantara kamu hingga ia mencintai saudaranya/orla sebagaimana ia mencintai dirinay sendiri.
b. Sebagai pendidik harus sungguh2 dan rajin serta memiliki semangat dalam menyebarkan imu atas dasar emncari ridha Allah.allah mearang kepada kita mudah menyerah terhadap segala tantangan bagi dunia penddkan
c. Bg pendidik tidak seyogyanya bersifat sombong atas ilmu yang diberikan krn yang besar n maha seglanya hanya allah,unutk itu pendidik jangan merasa paling unggul pintar menguasai sombong atas status yang disandangnya
d. Bagi pendidik harus bersih secara lahiir n batin,penampilan seorang guru sangat diutamakan krn menjadi contoh perilaku n kepribadian anak didik begitu pula kebersihan batin yang di7kan dengan ikhlas n akhlak seorang guru.
Al ghazali:perbutan,perilaku,dan kepribadian pendidik adalah lebih penting dari ilmunya yang dimiliki krn kepribadian seorang pendidik akan ditiru n diteladani oleh murid baik seengaja maupun tidak.
e. Bagi pendidik jangan mengharapkan n meminta melebihi haknya.
f. Bagi seorang pendidik hrs meninggalkan perbuatran maksiat krn akan berpengaruh pd perilaku n kepribadina guru
Bagi guru tidak boleh antipasti thd seorang murid krn perbuatannya yang boleh dibenci adalah perbuatan tsb.
g. Bagi pendidik harus sabar dlm menghadapi tantangan n menyelesaikan pelajarn
Almuzzamil ulama berbeda pendapat:
Secara harfiah:orang yang berselimut, ada jga yg berfikiran wahai orang yang berselubung dengan pakaian kenabian, yg ke 3 wahai ornag yang lesu,malas,dan khawatir menghadapi kesulitan.(imam zamahsari tidak sependapat dg yg k3)
Surat ke 2
Sunni:malam- dimulai dari terbenam matahari sd terbitnya fajar
Syi’ah:malam-dimulai dr hilangnya cahaya kemerah2n matahari terbenam sd terbitnya fajar
Tartil:membaca dengan perlahan2 dengan memperjelas huruf2nya berhenti n mulainya shg pembaca n pendengar bisa menghayati bacaan serta kandungannya.
Qoullah sabial(5)kehadiran wahyu sangat berat bagi psikis/batin maupun secara fisik.isi kandunagn wahyu sangat berat dan berkualitas.
Perbedaan wahyu dengan inspirasi. Wahyu:lafal dari allah,berisi pengetahuan scr langsung yg menyngkut msalah2 yang tidak terpikirkan yg menimbulkan keyakinan yang bulat, tidak ada tanda2 fisik.
3 perbedaan mengenai mlam lail
-ibnu umar n annas bin malik:shalat malam dimulai antara shalat maghrib sampai shlt isya’ krn mlm dimulai dr wktu mghrb
-imam qurtubu n Husain bin ali:sholat malam bisa dilakukan kapanpun asal didahului dgn tidur terlebih dahulu
-jumhur ulama/kbnykn ulm: shlt mlm yang paling afdhol adalah malam terakhir.
Hub dg dunia pendidikan
-bgi pendidik, da’I disamping harus mempunyai IQ n EQ yang baik guru harus memp stabilitas spiritual yg baik n konsisten SQ dengan cara melksanakan shlt tahajud hal ini akan berpengaruh pada kualitas pengajaran n mental pendidikan
-memgbaca alquran scr tartil diwaktu sepi terutama d mlm hr akn menumbuhkan kekutan thd emosi n spiritual seseorang.














Pendidikan islam
  sekolah intelektual
 pengajaran  keberlangsungan
  orang tua
Berasal dari    yang berarti perilaku atau sopan santun dalam pengertian pendidikan   mempunyai arti menanamkan perilaku dan sikap sopan santun dari seorang guru kepada murid inilah yang disebut mendidik.
Syeh Muhammad naqhib
Menggunakan istilah   dalam arti pendidikan islam untuk menjalskan proses penanaman adab sopan santun kpd manusia
 sufi
Berasal dr kata  yang berarti bersih,suci dan berkembang berdasarkan berkah dr Allah
Syeh Muhammad al-ghazaly
Menggunakan  krn maknanya sedikit dan menunjukkan pendidikan
Perjalanan nabi musa dan nabi khidir
Perahu—lupa tidak sadar-maaf
Anak – kaget sadar--berjanji
Tembok --- saran- pisah
Dalam episode ke3 perjalana musa n khidir mencari ilmu dapat diambil beberapa kesmpln:
-masalah yang sama berbeda jawabannya bila dipandang dari sudut yang berbeda maka sbg guru tidak booleh menyalahkan scr total pandangan atau jawaban murid
Kita harus dapat memandang masalah sesuai dengan porsinya sebagaimana do’a:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar