Rabu, 28 Desember 2011

metopen

Metopen
Proses penelitian
Research problem  hyphothesis or question

Procedures/design  instrumentation -- definition

Data analysis samples literature review

RP:permasalahan-permasalahan yang muncul pada penelitian, masalah muncul ketika idealita berbeda dengan realita
H:ford(2000) memiliki 3 arti kata al:
a. Teori:sekumpilan dugaan yang dimaksudkan sebagai penjelasan
b. Postulat: sebuah dugaan,gaagsan baru/yang belum terexplorasi
c. Hipotesis:sebuah pernyataan yang akan diuji melalui penelitian
LR: studi perpustakaan. Membaca buku2 tentang yang bersangkutan
Samples:jml yang banyak tdk memungkinkan peneliti semua sehingga harus diambil samples

Hal2 yg perlu diperhatikan dlm proses penelitian]
a. Links 2 previous study
Harus ada keterkaitan dengan penelitian2 yang pernah dilakukan yang mungkin sudah dikaji oleh org lain dlm konteks dan penekanan yang berbeda
b. Rationale, theory, point of review
Untuk melihat permasalaahn (jangan common sense(pandangan orang awam) lihat dari konsep teory. Permasalahan dimulai dari landasan teoritis dan gunakan argumentasi. Jabarkan karakteristik antar variable n lihat keterhubungannya.
Diperoleh mll study literature:
- Eksplorasi: tenteang permasalahan, variable,dll
- Rationale: logika berdasarkan konseptual dalam hal permasalahan.
- Point of view : gambaran apa yang digunakan (poin2nya)
c. Questions, hyphothesis, models
Mengembangkan penelitian.hipotesis. model disini adalah model desain penelitian
d. Design
Berisiskan lingkup kajian (subjek), dalam situasi manatreatment(perlakuan) apa yang dilakukan jika penelitian itu eksperimen, observasi pengukuran dalam pengolahan data, dasar untuk mengukur perubahan, indicator,.prosedur alas an menggunakan salah satu metode dan langkah2 pelaksanaan
e. Analysis
Bagaimana mengolah data dan bagaimana analysis dilakukan. Dilakukan pembahasan (temuan2 diakji berdasarkan teori yang digunakan sehingga kana muncul prinsip2 baruu. Kajian ini dilakukan berdasarkan manfaat teoritis
f. Link 2 next study
Pada rekomendasi ada saran untuk melakukan penelitian lebih lanjut.
Ruang lingkup penelitian
Komponen proses penelitian:7an,interaksi,lingkungan
Landasan mendidik:peserta didik, kemampuan karakteristik, perkembangannya
Perbuatan mendidik : pngajaran, pembelajaran latihan pengembangan potensi penguatan, pemahaman, pemecahan masalah, bimbingan siswa(praktek pendidikan)

Lingkup penelitian pendidikan
Pendidikan teoritis:kajian filosofis tentang pendidikan, orientasi pendidikan(transmisi, transaksi,transformasi),konsep2 pendidikan
Pendidikan praktis:berdasarkan lingkungan2 dan kelompok usia, jenjang,bidang study dan jenis

Ilmu pengetahuan metode ilmiah dan penelitian
Pendekatan ilmiah Pendekatan non ilmiah
Permasalahan jelas n spesifik
Maslah merupakan hal yang dapat diamati diukur secara empiris
Jawaban permasalahan didasarkan pada data
Proses pengumpulan n analisis data serta pengambilan keputusan berdasarkan logika yg bnr
Kesimpulan siap/terbuka untk diui orla
Exp:penggunaan metode ilmiah Kabur/abstrak
Tdk selalu diukur scr empiris Dapat bersifat supranatural/dognatis
Jawaban tidak diiperoleh dari hasil pengamatan data lapangan
Kesimpulan tidak berdasarkan pd hasil pengumpulan dan analisis data scr logis
Kes. Tdk dpt diuji olh orla
Exp:penggunana akal sehat,prasangka,intuisi, penemuan scr kebetulan n cb2.pendapat otoritas ilmiah n pikiran kritis
Pengertianilmupengetahuan
Bangunan atau akumulasi pengetahuan yang diperoleh sepanjang sejarah perkembangan pengetahuan manusia.IP dianggap sbg produk.ex: Einstein dgn e=mc2,newton dgn teori gaya dll
Pengetahuan yang diperoleh mll prosedur ilmiah(metode ilmiah)IP dianggp sbg proses dipweroleh scr logis (dasar n alas an yang deductive rasional)untuk menjelaskan suatu gejala diuji secara empiris sehingga bersifat terbuak. Ex lahirnya IP n Tech. kmputer
Fungsi IP: menerngkan gejala,memahami hakikat gejala, meramalkan kejadian yg kana dating, mengendalikan gejala.
Cirri IP: mempunyai objek kajian,metode pendekatan,disu2n scr sistematis, bersivat universal(legimated)
Metode ilmiah
Adl mekanisme atau cara mendapatkan pengetahuan dengan procedure yang didasarkan pda suatu structure logis yang terdsiri dari tahapan kerja
- Adnya kebutuhan obyektife,perumusan maslah,pengumpulan teori, perumusan hipotesis,pengumpulan data/informasi/fakta,analisis data,penarikan kesimpulan(disebut daur logico-hypothetico-verifikatif
Sifat metode ilmiah
Efisien dlm penggunaan SD(tenga,biaya,waktu), terbuak(dpt dipakai olehsiapa saja), teruji(prosedurnya logis dalam memperoleh keputusan
Pola pikir dlm MI
- Induktif:pengambilan kesimpulan scr khusus yang bersifat khusus mjd kesimpulan yag bersifat umum.ex: umbuhan akan mati, hewan akan mati, manusia akan mati (@khusus).kes:semua mh akan mati (umum)
- Deduktif:pengambilan kes dari hal yang bersifat umum menjadi kasus yang bersifat khusus. Ex: semua manus akan mati (umum), aris adalah manusia(khusus).kes:aris akan mati (khusus)
Sarana berfikir ilmiah
Logika matematika
Deduksi

Khasanah ilmu  dunia rasional,dunia empiris  ramalan(hypothesis)

Induksi  fakta  pengujian
Statistika meodelogi penelitian
kesimpulan : metode ilmiah menjadi kerangka dasar kegiatan penelitian dmn didialam penelitian akan berisi penerapan ilmiah



bgn. keterkaitan ilmu pengetahuan, metode ilmiah n penelitian

Tugas IP n penelitian
- Mencandra mengadakan diskripsi
- Menggambarkan secara jelas n cermat hal2 yang dipersoalkan
- Menerangkan/eksplanasi.menerngkan kondisi2 yang mendasari terjadinya peristwa gejala
- Menyusun teori.mencari dan merumuskan hukum2 mengenai hubngan antara kondisi yang satu dengan yang lain untuk hubungan peristiwa yg 1 dgn yg ln
- Membuat prediksi /peramalan.membuat peramalan estimasi n proyeksi mengenai peristiwa2 yang bekal terjadi atau gjla2 yang akan muncul
- Melakukan pengendalian.mlkkn tndakan guna mengendalikan peristiwa2 atau gjl2
Permasalahan penelittian
Oxford(1995) mslh adalah apasaja yang sulit untuk diuraikan dipecahkan atau dimengerti. Pertanyaan untuk ditemukan jawabanya atau pemecahannya dengan pemberian ala an atau penghitungan yang tepat.
KBBI(2001) masalah diartikan sbg sesuatu yang harus dipecahkan
Memilih mslh penltian perlu dilakukan dengan identifikasi masaalh dengan cara:
- Analisis literaturwe terutama pubvliaksi hsil2 penelitian yg relevan.rekomendasi tindak lanjut hasil penelitian
- Kerja n kontrak professional bidang keilmuwan.forum2 ilmiah
- Pernyataan pemegang otoritas, baik ilmuwan/birokrasi
- Pengamatan sepintas atas suatu kejadian atau peristiwa t3
- Pengalaman pribadi penelitian dlm t3 yang menarik untuk diteliti.

Pertimbangna dlm memilih masalah : pertmb ilmiah,non ilmiah, dari sudut pandang penelitt
a. Pertimbangan ilmiah
Apakah mslh tsb dpt diteliti scr ilmiah?yaitu masalah yg realitasnya diamati n datanya tersedia n dapat dikumpulkan
Apkah mslh tsb memberikan manfaat dlm pengembangan IP?
Dgn metode bagaimana mslh dapat diteliti?
b. non ilmiah
apa manfaat hasil penelitian bg kepentingan praktis/masy?
Apkh mslh terlalu peka untk diteliti?resistensi social,bdy,ideolegi?
c. Peneliti
Penguasaan teori n metodelogi,minat peneliti thd masalah, kemampuan pengumpulan n analisis data,ketersediaan waktu,dana dan sumber daya.
Cirri khusus masalah penelitian:mencerminkan kebutuhan yg dirasakan,mrpkn kenyataan yang bnr2 ada yg merupakan hasil dr proses identivikasi masalah,relevan/permasalahan yg benr2 baru dan dapat dilaksanaakan dengan baik dan benar.

Penelitian adl kegiatan untuk meperoleh fakta2 atau prinsip2 (baik kegiatan untuk penemuan, pengujian/pengembangan)dr suatu pengetahuan dengan cara mengumpulkan, mencatat n mengaanalisis data yang dikerjakan scr sistematis berdasarkan ilmu pengetahuan (metode ilmiah)
7an penelitian: menemukan fakta/prinsip/produk yang baru dr suatu pengetahuan(eksploratif), menguji kebenaran atas fakta/prinsip/produk yang baru dr suatu pengetahuan yang sudah ada(verifikatif), mengembangkan fakta/prinsip/produk yang baru dr suatu pengetahuan yang sudah ada(development)
Daur hidup penelitian


Penelitian merupakan proses yang tidak akan berhenti
Macam2 penelitian
Mnrt 7an:P. eksploratif, P.verifikatif, P.development
Mnrt proses : P.dokumenter, P.eksperimen
Mnrt taraf kesimpulan: P.diskriptif, P.interferensi
Mnrt t4: P.laboratorium, P.perpustakaan, P.lapangan
Mnrt pemakaian: P.murni, P.terapan
Mnrt metode pendekatan: P.kuantitatif, P.kualitatif
Kebijksanan penelitian di PT
Pengembangan IPTEKS, pengembangan kelembagaan/organisasi(PT), menunjang pembanguan
Dosen:penelitian merupakan slh st kegiatan dalam 3 dharma PT
Mahasiswa:penelitian pemula yang diwujudkan dlm karya ilmiah (skripsi/proyek akhir)
Kebutuhan dasarpenelit (bersifat teknis)
Kemampuan keilmuan(penelitu memp kemampuan dlm bidng ilmu t3)
masalah (peneliti mempunyai masalah yg akna ditelit)
sumber daya pendukung(pnlti memp ckup sumber daya pendukung –biaya,tenaga,waktu n saran fasilitas)
metodelogi penelitian(peneliti mapu memilih/ menggunakan metodelogi penelitian yang tepat jenis n sumberdata, smpling,metode n alat pengumpulan data, metode analisis data
etiak penelitian non teknis
- Norma sopan santun:memprhatikan konvensi n kebiasan dlm tatanan d masy
- Norma hokum:bla terjadi pelanggaran mkpenelti akan terkena sanksi
- N.moral:penelti memp itikad n kesadaran yg baik n ju2r dlm penelitian


Eks pelanggaran etiak:
Pengubahan, penyalah guanaan,pengakuan n pengguanaan, data/informasi (manipulasi data/inf) tanpa ijin; publikasi hsil penelitian penugsan tnp ijin, tidak merahasiakana sumber data yang semestinya dirahasiaakan,tidak menghormati responden,menjiplak hasil penelitian orla tanpaijin (plagiat), tidak menyusun laporan hasil peneltian
Criteria peneliti
Kompeten:menguasai mampu melakukan penelitian, bidang ilmu sesuai dgn bidang penelitian
Obyektif:tidak mencampur adkkan pendapat sendiri dgn kenyataan
Jujur:tidak memaksakan unsure subyektivitas ke dalam fakta
Factual :bekerja berdasarkan fakta
Terbuka:bersedai meneriam masukan dari orang lain, bersedia di uji kebenaran hasil penelitiannya oleh orang lain
























Metodelogi penelitian
Digunakan dalam melaksanakan penelitian
Dasar penyusunan rancangan penelitian
Merupakan penjabaran dr metode ilmiah scr umum

Beberapa aspek dlm pemilihan metopen
7an penelitian dan Sifat masalah yang akan diselesaikan (tergantung jenis penelitian

Beberapa aspek dalam menyusun rancangan penelitian
-cara pendekatan apa yang akn digunakan?
-metode apa yang akan dipakai
-Strategi apa yang kiranya paling efektif?

Macam2 metopen
Didasarkan pada jenispenelitiannya
a. penelitian historis
b. penelitian diskriptif
c. penelitianperkembangan
d. p.kasus n p. lapangan
e. p.korelasional
f. p.eksperimental
g. p.tindakan
a. p.historis
7an untuk membuat rekontruksi masa lampau secara sistematis n obyektif dgn cr mengumpulkan, mengevaluasi,memverivikasi,serta mensintesakan bukti2 untuk menegakkan fakta n memperoleh kesimpulan yang kuat
Cirri:
Data yang diolah biasanya data yang diobserfasii or.la (dt 2nd) shg keasliannya ketepatan n sumber data perllu diperhatikan
Untuk memeriksa bobot data dilakukan dengan kritik internal n eksternal
Kritik internal:menguji motif, kejujuran n keterbatasan peneliti dlm pengumpulan dta
Kritik eksternal:relevansi keaslian n akurasi data
Langkah2 pokok
Definisikan masalah
Rumuskan 7an penelitian n hipotesis
Kumpulkan data (primer/ sekunder)
Evaluasi data (kritik internal n eksternal)
Tuliskan laporan
Contoh penelitian:
Studi mengenai praktek ijon petani dengan di daerah pedesaan jawa tengah
Unutk memhami dasar2nya watu lampau.menguji apakah system ion masih diperlukan di masa skg
Menguji oleh nilai2 sosial t3 serta solidaritas memainkan peranan penting dalam bebragai kegiatan ekonomi pedesaan.
b. penelitian diskriptif/p.survey
7an:untuk membuat pencandraan/gambaran secara sistematis factual n akurat mengenai fakta2 dan sifat2 pada suatu obyek penelitian t3
Cirri
Tidak ada: pengujian, hipotesis,peramalan,pencarian implikasi hubungan antara variable penelitian(korelasional)
Memerlukan data yang benar2 representatif mewakili obyek penelitian
Proses pengambilan sampel penelitian harus hati2
Langkah2 pokok
Definisikan 7an scr jelas n spesifik
Rancang metode pendekatannya,data apa yang akn dikumpulkan?bgmana cara pengumpulannya?alat apa yang akan digunakan untuk pengumpulan data? Siapa sumber datanya?siapa yang bertugas mengumpulkan data?dll
Kumpulkan data
Tliskan laporan
Ex: studi mengenai kebutuhan tenaga kerja dalam bidang computer tahun ajran 200?
Survey mengenai pendapat umum mahasiswa untuk menilai sikap pada mahasiswa thd rencana perubahan kurikulum.
c. Penelitianperkembangan
7an penelitian : untuk mnyelidiki pola dan perurutan pertumbuhan / perubahan suatu obyek gejala sbg fungsi waktu
Cirri
Penelitian ini menuntut pengamatan yang berkelanjutan (kontinu)
Dapat dilakukan scr longitudinal(fungsi waktu) maupun cross sectional
Langkah2 pokok
Definisikan masalh n rumusan 7an
Lakukan telaah pustaka
Rancang metode pendekatannya
Kumpulkan data
Evaluasi data
Susun laporan hasil evaluasi
Ex: studi mengenai perkembangan tingkah laku anak umur 0-10 thn
Studi mengenai pengaruh bantuan data IDT pd pewningkatan perekonomian pedesaan
Penelitian mengenai pengaruh kepersetaan
d. p.kasus n p. lapangan
7an untuk mempelajari scr intensif tt latar belakang keadaan skg n interaksi linkungkan suatu unit social, individu, kelompok,lembaga/masyarakat
Cirri
Objek p berapa unit social t3
Sampel sedikit tetapi variable pengamatan banyak
Kesimpulan terbatas pd unit sampel t3 n tidak dapat digeneralisasi pd tingkat populasinya (cenderung subjektif)
Langkah2 pokok
Rumuskan 7an yg akan dicapai
Rancang metode pendekatannya
Kumpulkan data
Organisasikan data n informasi mjd sebuah rekontruksi yang terpadu
Susun laporan n disusikan hasilnya
Contoh penelitian
Studi lapangan mengenai kebudayaan petani nelayan di wilayah pesisir
Studi kasus mengenai kehidupan anak jalanan
Ex: pnlitian tt tipologi pedagang kaki lima di seputar simpang lima
e. p.korelasional
7an untuk mengetahui hubungan antara variable2 penelitian
Cirri
Cocok digunakan jika variable yang diteliti rumit dan tidak dapat diteliti dengan metode eksperimen(tdk dpt di manipulasi/dikontrol)
Memungkinkan pengukuran beberapa variable n saling hubunganya scr serentak dlm keadaan
Output di penelititan ini adl taraf/tinggi rendahnya hubungan bukan ada/tidaknya saling hubungan kausal.
Langkah2 pokok
Definisikan masalah
Lakukan telaah pustaka-tinjauan skripsi penelitian terdahulu yang terkait
Rancang cara pendekatannya
Kumpulkan data
Analisa data dan buat interprestasinya
Susun laporan
Ex: studi analisis faktor2 yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa
Hub antara tingkat permintaan barang berdasarkan tingkat harga barang.
f. p.eksperimental
7an:untuk menyelidiki hub sebab akibat dgn cara mengenakan kpd satu atau lebih kelompok eksperimental suatu kondisi/perlakuan n membandingkannya dg kel exs yg tdk dikenai kondisi/perlakuan
Cirri
Menuntut pengaturan variable n kondisi/perlakuan exs
Menggunakan kel. Control n kel exs
Menggunakan hipotesis terutama tt akibat perbedaan perlakuan
Langkah
Lakukan survey kepustakaan/studi mslh
Identivikasi n devinisikan masalah
Rumuskan hipotesis berdasarkan studi pustaka
Definisikan pengertian2 dasar n variable utama
Susun rancangan penelitian
Laksanakan exs
Organisasikan data hasil exs
Analisis data n lakukan pengujian hipotesis dg SPSS
Interprestasi hsl analisis diskusikan n susun laporan
Ex:pengaruh penambahan dosos pupuk a thd peningkatan hsl panen padi
g. p.tindakan
7an:untuk mengembangkan ketrampilan2 baru cara pendekatan baru/produk pengetahuan yang baru n untuk memecahkan masalah dgn penerapan langsung di dunia actual/lapangan
Cri
Praktis n langsung relevan dgn situasi actual di lapangan (empiris)
Menyediakan kerangka kerja/sistematika yang teratur untuk memecahkan mslh n perkembangan bru yg lebih baik
Fleksibel n adaptif, memperbolehkan perubahan2 slm masa penelitian (inovatif)
Tdk sll menuntuut adanya hipotesis n control variable
Langkah
Definisikan masalah n tetapakn 7san
Lakukan telaah/studi pustaka
Rumuskan hipotesis/strategi pendekatan yang spesifik
Susun rancangan penelitian n jelaskan prosedur2 serta kondisinya
Tentukan criteria evaluasi n teknik pengukuran untuk umpan balik
Laksanakan eksperimen
Analisis data, evaluaisi n susun laporan
Ex
Penelitian di bidang pemanfaatan teknlg kmputer
Penelitian mengenai program pencegahan kecelakaan lalu lintas bagi pengemudi
Pewmbudayaan tng putus skh pd kewirausahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar